Coblos Siapa? | Panduan Memilih Wakil Rakyat


Saya abdi masyarakat (PNS) tapi saya juga bagian dari masyarakat, karenanya saya masih punya hak untuk memilih wakil saya di legislatif (hak pilih). Tahun ini (2014), negara kita kembali menggelar perhelatan akbar: Pemilu dan Pilpres. Sesuai UUD 1945, hak pilih adalah salah satu hak bagi seluruh warga negara (anggota TNI dan Polri belum…). Tapi tahukah Anda siapa yang akan Anda pilih sebagai wakil rakyat?

Berpuluh kali saya melihat belasan stiker, poster dan spanduk Caleg juga Capres karena mereka memasangnya di hampir setiap ruang kosong mulai dari pagar tembok hingga tiang telepon. Iklan caleg sudah tidak ada bedanya dengan iklan produk dan jasa, lihat saja foto berikut.

image
Tiang-tiang telepon dekat rumah

Nah, tapi dari beratus informasi di atas tidak satu pun membantu saya menentukan pilihan wakil rakyat. Ya sebenarnya kalo kita memilih berdasar kriteria umum saja sih bisa, misal memilih berdasarkan faktor kecantikan/kegantengan, atau dari asal partainya. Cuma sayang ya momen demokrasi 5 tahun sekali kita sia-siakan apalagi dengan tidak memilih (golput), seperti menyerahkan kekuasaan pada penjahat saja. Mengapa begitu? Karena caleg dan capres itu punya niat masing-masing dan bila kita golput maka boleh jadi yang punya niat jelek (misal untuk korupsi) terpilih menjadi wakil kita untuk 5 tahun. Terkait golput mungkin saya akan menulis di posting berikutnya.

Trus, buat kita yang ingin benar-benar punya wakil di legislatif bagaimana cara memilihnya? Ini sangat bergantung pada seberapa akses Anda atas infomasi caleg-caleg itu. Begini, bayangkan Anda sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari full mengurusi urusan rumah. Anda yang terpelajar masih bisa cari info lewat internet atau jejaring sosial, tapi untuk tipe ibu-ibu yang lowtech (gaptek terlalu kejam) gimana? Sebenarnya Anda bisa memanfaatkan lingkungan sekitar Anda untuk mencari info, misal saat arisan PKK atau saat silaturrahim dengan tetangga. Anda juga bisa menanyakan pada orang-orang yang tau atau mengenal caleg-caleg di sekitar tempat tinggal Anda.

Buat Anda yang bisa mengakses info melalui internet bisa leluasa memilih sumber informasi caleg. Misal Anda buka kpu.go.id, Anda bisa melihat daftar caleg DPR RI di 77 dapil di seluruh Indonesia dari 15 parpol peserta pemilu. Sayangnya Anda harus hafal dapil tempat Anda tinggal (misal Dapil Jabar VI untuk Kota Bekasi dan Kota Depok), datanya juga mesti diunduh dalam format pdf. Datanya lengkap untuk setiap caleg meski KPU baru menyediakan data untuk DPR RI dan DPD RI. Sebagai alternatif Anda bisa melihat di news.detik.com/pemilu2014 tanpa harus mengunduhnya. Memang sih hanya ada nama dan foto, tapi setidaknya Anda tidak akan salah saat menyoblos kertas suara yang hanya menampilkan daftar nama saja kecuali untuk DPD RI.

image
Ketua KPU dan contoh surat suara

Untuk Anda yang tinggal di luar DKI maka akan ada 4 kertas suara yang Anda coblos: untuk DPD RI, untuk DPR RI, untuk DPRD Provinsi, dan untuk DPRD Kabupaten/Kota. Maka setidaknya ada empat orang yang mesti Anda kenali sebelum Anda memilihnya sebagai wakil rakyat. Hadeuh… satu saja belum. Makanya, masih ada waktu koq untuk mengenali calon kita. Pastikan wakil Anda adalah orang-orang yang berintegritas tinggi, jujur, dan amanah… Selamat mengenal dan memilih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s