Kumpulan Hadits

Hadits-hadits yang saya dokumentasikan dari SMS Dakwah Al Sofwa sejak awal tahun 2010.
  1. Orang yang asing: orang-orang yang berbuat kebajikan ketika manusia rusak atau orang-orang shalih di antara banyaknya orang yang buruk, orang yang menyelisihinya lebih banyak dari yang mentaatinya. (HR. Ahmad)
  2. Agama adalah nasihat, agama adalah nasihat, agama adalah nasihat. Kami (sahabat) bertanya: Untuk siapa? Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, dan bagi pemimpin serta kaum muslimin semua. (HR. Muslim)
  3. Sesungguhnya Islam datang dalam keadaan asing. Dan ia akan kembali menjadi asing sebagaimana kedatangannya. Maka beruntunglah orang-orang yang asing itu. (HR. Muslim)
  4. … Maka berpegang teguhlah kalian kepada sunnahku (Nabi) dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang mendapatkan petunjuk. Pegang teguhlah ia sekuat-kuatnya … (HR. Abu Daud)
  5. Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. melaknat penyuap, orang yang disuap dan perantara dari keduanya. (HR. Ahmad, At Tirmidzi, dll)
  6. Nabi bersabda: Barangsiapa yang dagingnya tumbuh dari yang haram, maka neraka lebih pantas baginya. (HR. Al Baihaqi)
  7. Barangsiapa sengaja berdusta atas namaku (Nabi Muhammad saw.), maka silakan menempati tempat duduknya di neraka. (HR. Bukhari dan Muslim)
  8. Tunaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah engkau (membalas) mengkhianati orang yang mengkhianatimu. (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, dll.)
  9. Dan istri shalihah yang menolongmu atas keperluan dunia dan agamamu adalah sebaik-baik (harta) yang ditinggal oleh manusia (HR. Al Baihaqi)
  10. Tidaklah lahir seorang anak dalam keluarga seseorang, melainkan ia menjadi kemuliaan tersendiri bagi mereka yang sebelumnya tidak ada. (HR. Ath Thabrani)
  11. Tak seorangpun dari muslimin yang bertemu lantas mereka berjabat tangan, kecuali dosa mereka akan diampuni sebelum mereka berpisah. (HR. Ahmad, Abu Daud, dll)
  12. Sungguh, besarnya pahala itu setimpal dengan besarnya cobaan, dan sungguh, apabila Allah mencintai suatu kaum, maka Allah akan memberikannya cobaan … (HR. At Tirmidzi)
  13. Siapa yang berkata tentang seorang mukmin dengan sesuatu yang tidak terjadi (tidak ia perbuat), maka Allah akan mengurungnya di dalam lumpur keringat ahli neraka. (HR. Ahmad dll)
  14. Istri yang baik adalah istri yang jika kamu melihatnya, maka ia menyenangkanmu. Jika kamu menyuruhnya, ia mentaati. Dan jika kamu tidak ada, ia menjaga dirinya dan hartamu. (HR Abu Daud)
  15. Dua orang yang saling mencerca adalah dalam kondisi seperti yang mereka ucapkan, tuduhan itu akan kembali kepadanya jika yang dituduhnya itu tidak demikian. (HR. Al Bukhari)
  16. Barangsiapa yang ingin berbuat kebaikan dan tidak melaksanakannya, maka Allah menuliskannya di sisi-Nya sebagai kebaikan yang sempurna. (HR. Al Bukhari dan Muslim)
  17. Bukan golongan kami orang yang tidak menghormati orang yang (lebih) tua di antara kami, dan tidak menyayangi orang yang (lebih) muda (anak-anak) di antara kami. (HR. Abu Dawud)
  18. Sesungguhnya orang yang paling besar pahalanya adalah orang yang paling jauh jarak perjalanannya ke masjid (untuk shalat berjam’ah). (HR. Muslim)
  19. Jika seorang hamba sakit atau melakukan bepergian, maka ditulis (pahala) baginya seperti (amalan) yang (biasa) ia kerjakan ketika mukim (tidak bepergian) dan sehat. (HR. Al Bukhari)
  20. … dan jangan (kamu) memukul wajah (istrimu), jangan menjelek-jelekkannya, dan jangan meninggalkannya (mendiamkannya karena tidak taat) kecuali dalam rumah. (HR. Abu Dawud)
  21. (Islam yang paling baik); Engkau memberikan (sedekah) makanan dan memberi salam kepada orang yang telah kamu kenal dan yang belum kamu kenal. (Muttafaq ‘alaih)
  22. Ibnu Abbas ra. berkata, Rasulullah saw. melaknat laki-laki yang bertingkah laku seperti wanita dan wanita yang bertingkah laku seperti laki-laki. (HR. Al Bukhari)
  23. Janganlah kamu banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati. (HR. At Tirmidzi dan Ahmad)
  24. Barangsiapa yang diurungkan dari hajatnya (keperluannya) karena thiyarah (perasaan sial dengan sesuatu), maka dia telah melakukan kesyirikan. (HR. Ahmad)
  25. Barangsiapa menyambung shaf (shalat berjama’ah), maka Allah akan menyambungnya (dengan rahmat-Nya) dan barangsiapa yang memutus shaf, maka Allah akan memutusnya (dengan rahmat-Nya). (HR. Ahmad)
  26. Tidaklah seorang hamba menutup (aib/kesalahan) seorang hamba yang lain di dunia melainkan pasti Allah menutup kesalahannya di hari kiamat. (HR. Muslim)
  27. Sesungguhnya Allah dan para malaikat, bahkan semut di lubangnya dan ikan di laut benar-benar bershalawat kepada para pengajar kebaikan pada manusia. (HR. Ath Thabrani)
  28. Dan janganlah kalian saling membelakangi (tidak saling mempedulikan/memalingkan diri), tapi jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara. (HR. Muslim)
  29. Barangsiapa yang mengatakan kepada saudaranya, Wahai kafir, maka salah satu dari keduanya mendapatkannya (julukan kafir tersebut). (HR. Al Bukhari)
  30. Sebaik-baik dinar (harta) yang dinafkahkan seorang laki-laki adalah dinar yang dinafkahkan kepada keluarganya … (HR. Muslim)
  31. Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya. (HR. At Tirmidzi)
  32. Seburuk-buruk makanan adalah makanan walimah (pesta pernikahan) yang kepadanya diundang orang-orang kaya sedangkan orang-orang miskin tidak diundang. (HR. Al Bukhari dan Muslim)
  33. … dan tidak boleh bagi seorang wanita (istri) memberi izin (kepada orang lain) masuk ke rumah (suaminya) kecuali dengan izinnya. (Muttafaq ‘Alaih)
  34. Sesungguhnnya Allah Ta’ala cemburu, dan kecemburuan Allah Ta’ala manakala seseorang mengerjakan apa yang diharamkan oleh Allah baginya. (Muttafaq ‘Alaih)
  35. Cukuplah seseorang itu berdosa, jika in menyia-nyiakan orang yang seharusnya ia beri nafkah. (HR. Abu Dawud)
  36. … dan shalatlah di malam hari (qiyamul lail) ketika manusia sedang tidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat. (HR. Ahmad dan lainnya)
  37. Janganlah salah seorang dari kalian mengambil barang milik saudaranya baik bercanda ataupun bersungguh-sungguh. (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)
  38. Rasulullah bersabda, Aku juga bercanda, dan aku tidak mengatakan kecuali yang  benar. (HR. Ath Thabrani)
  39. Sesungguhnya Allah memaafklan kesalahan (yang tidak disengaja) dan kealpaan (lupa) dari ummatku serta sesuatu yang dipaksakan kepadanya. (HR. Ibnu Majah)
  40. Teman terbaik: orang yang jika kamu melihatnya ia mengingatkanmu kepada Allah, yang lisannya menambahkan ilmu bagimu, yang amalannyamengingatkanmu akan akhirat. (HR Ath Thabrani)
  41. Sesungguhnya tidaklah jin, manusia, dan siapapun yang mendengar suara muadzin, kecuali akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat. (HR. Bukhari)
  42. Lebih baik dada seseorang dipenuhi nanah hingga menyesakkan paru-parunya daripada dipenuhi syair. (Muttafaq ‘Alaih)
  43. Abu Hurairah berkata, Nabi tidak pernah mencela makanan sama sekali, jika ia suka akan beliau makan, jika ia tidak suka maka beliau tinggalkan. (Muttafaq ‘Alaih)
  44. Barangsiapa mencintai karena Allah dan membenci karena Allah, menahan karena Allah, sungguh ia telah menyempurnakan keimanan. (HR. Abu Daud)
  45. Rasulullah saw. bersabda, Semoga Allah memuliakan seseorang, mendengarkan sesuatu dariku lalu ia menyampaikan sesuai yang ia dengar … (HR. At-Tirmidzi)
  46. Nikahilah wanita yang penuh kasih sayang dan subur (peranak), karena aku (Nabi) akan berbangga dengan banyaknya kalian terhadap ummat-ummat yang lainnya. (HR. An-Nasa-i)
  47. Rasulullah bersabda, Mencela seorang muslim adalah kefasikan, dan memeranginya adalah kekufuran. (HR. Bukhari dan Muslim)
  48. Rasulullah bersabda, Perbanyaklah mengingat pemutus kenikmatan pemutus kenikmatan, yakni kematian. (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  49. Abu Hurairah berkata, Kekasihku (Nabi) telah berwasiat kepadaku 3 hal, …: Puasa 3 hari setiap bulan, shalat Dhuha, dan tidur setelah Witir. (HR. Bukhari)
  50. … Barangsiapa yang berbuat kebaikan kepadamu, maka balaslah kebaikannya itu, tapi jika engkau tidak mendapatkan sesuatu untuk membalas, maka doakanlah untuknya dengan sungguh-sungguh. … (HR. Abu Daud)
  51. Hendaklah salah seorang dari kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, dan istri beriman yang menolongnya dalam urusan akhirat. (HR. Ahmad)
  52. Beruntunglah orang yang (dapat) menguasai lisannya, dan lapang rumahnya serta menangis atas kesalahannya. (HR. Ath-Thabrani)
  53. Syirik tersembunyi, yaitu ketika seseorang melakukan sholat, lalu ia perindah sholatnya itu, karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikannya. (HR. Ahmad)
  54. … Barangsiapa berusaha mendapatkan ridha manusia dengan melakukan apa yang menimbulkan kemurkaan Allah, maka Allah murka kepadanya dan menjadikan manusia murka kepadanya. (HR. Ibnu Hibban)
  55. Seorang mujahid adalah yang berjihad melawan dirinya dalam ketaatan kepada Allah dan seorang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah. (HR. Ahmad)
  56. Lakukanlah sholat-sholat (sunnah) di rumah-rumah kalian. Jangan jadikan rumah-rumah kalian (bagaikan) kuburan. (HR. Al Bukhari)
  57. Segala sesuatu yang di dalamnya tak ada dzikrullah adalah sia-sia belaka, kecuali 4 hal (salah satunya): percandaan laki-laki terhadap istrinya … (HR. Nasa-i)
  58. … dan hendaklah kalian menjauhi dusta, karena sesungguhnya dusta itu membimbing kepada perbuatan dosa, dan perbuatan dosa itu membimbing kepada neraka … (HR. Al Bukhari dan Muslim)
  59. Hindarilah tiga hal yang dapat mendatangkan laknat: buang hajat di saluran air, di tengah jalanan, dan di tempat berteduh. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dll.)
  60. Bilal bin Sa-ad berkata, Janganlah Anda mewakili wali Allah tatkala berada di tengah pandangan umum dan menjadi musuh-Nya tatkala sendirian. (HR. Ahmad)
  61. Barangsiapa yang meminta (sesuatu) dengan menyebut nama Allah, maka berilah; barangsiapa yang meminta perlindungan dengan menyebut nama Allah, maka lindungilah … (HR. Abu Dawud)
  62. Rasulullah bersabda, Barangsiapa suka dihormati manusia dengan berdiri, maka hendaklah ia mendiami tempat duduknya di neraka. (HR. Ahmad)
  63. Puasa dan Al Qur-an memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari Kiamat. Puasa berkata, Ya Rabbi, aku menghalanginya dari makan dan syahwatnya, maka berikan syafaat untukku kepadanya … (HR. Ahmad)
  64. Rasulullah bersabda, Kekayaan bukanlah karena banyaknya harta, kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan jiwa. (HR. Bukhari)
  65. Nabi bersabda, Sesungguhnya setan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqoroh. (HR. Muslim)
  66. Seorang pria bertanya kepada Nabi, Wahai Nabi apakah iman itu? Nabi menjawab, Jika kebaikanmu menyenangkanmu dan keburukanmu menyedihkanmu, kamulah mukmin. (HR. Ahmad)
  67. Satu dari dua malaikat yang turun bersamaan dengan datangnya pagi berdoa: Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya. (Muttafaqun ‘alaihi)
  68. Barangsiapa berangkat ke masjid pada pagi hari maupun sore hari, Allah sediakan baginya hidangan di surga setiap pagi dan sorenya. (Muttafaqun ‘alaihi)
  69. Amal perbuatan dilaporkan pada hari Senin dan Kamis, maka aku (Nabi) senang jika amalku dilaporkan kepada Allah sementara aku sedang berpuasa. (HR. At-Tirmidzi)
  70. Tidak halal bagi seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya berada di sisinya kecuali dengan seizinnya. (HR. Bukhari)
  71. Wahai ‘Aisyah! Seburuk-buruk derajat manusia di sisi Allah pada hari kiamat adalah yang manusia lainnya meninggalkannya karena takut akan keburukannya. (HR. Muslim)
  72. Barangsiapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan jauhkan wajahnya dari api neraka sejauh perjalanan selama 70 tahun (HR. Al Bukhari)
  73. Tiak diperbolehkan bagi wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk bepergian dengan jarak perjalanan sehari semalam tanpa mahram. (HR. Al Bukhari)
  74. Rasulullah saw. bersabda: Mujahid (yang sebenarnya) adalah yang melatih jiwanya untuk taat kepada Allah. (HR. Ibnu Hibban)
  75. Sesungguhnya tidaklah kamu meninggalkan sesuatu karena takut kepada Allah, kecuali Allah akan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik darinya. (HR. Al Baihaqi)
  76. Abdullah ibnu Umar berkata, Nabi melarang dari puasa Wishal (puasa yang berkelanjutan tanpa berbuka). (HR. Al Bukhari)
  77. Seorang wanita disiksa karena kucing, (sebabnya) ia mengurungnya hingga mati kelaparan, maka ia masuk neraka karena perbuatannya tersebut. (HR. Al Bukhari)
  78. Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kalian dan nama bapak kalian, maka perbaguslah nama kalian. (HR. Ahmad)
  79. Sebaik-baik sedekah adalah yang melebihi kecukupan (diri sendiri), dan mulailah dari orang yang engkau tanggung. (HR. Al Bukhari)
  80. Janganlah kalian memaksakan diri (untuk melayani) tamunya dengan sesuatu yang tidak ia sanggupi. (HR Abu Nu’aim)
  81. Sesungguhnya manusia jika melihat orang zhalim lalu ia tidak mencegahnya, niscaya Allah akan timpakan siksaan dari sisi-Nya secara merata kepada mereka. (HR. Abu Daud)
  82. Aku (Nabi) dan orang yang memelihara anak yatim berada di surga seperti ini (beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahyang saling berdekatan). (HR. Al Bukhari)
  83. Tidaklah seseorang mengagungkan dirinya sendiri dan berbangga diri saat berjalan kecuali ia akan menemui Allah dalam keadaan marah kepadanya. (HR. At Tirmidzi)
  84. Ambillah amal yang dalam jangkauan kemampuan kalian karena Allah tidak akan bosan sehingga kalian bosan. (HR. Muttafaq ‘Alaih)
  85. Anas bin Malik berkata, Aku tidak pernah sekalipun melihat Rasulullah shalat Maghrib sebelum berbuka, walaupun hanya meminum (sedikit) air. (HR. Ibnu Hibban)
  86. Tiga jenis kebohongan yang mendapat keringanan Nabi? (salah satunya adalah) sewaktu mendamaikan di antara orang-orang … (HR. Ahmad)
  87. Janganlah salah seorang dari kalian berpuasa pada hari Jum’at, kecuali jika dia berpuasa satu hari sebelum atau satu hari sesudahnya. (HR. Al Bukhari)
  88. Perempuan mana saja yang menikah tanpa izin dari walinya, maka nikahnya batil (kemudian Nabi mengulang ucapan ini sebanyak tiga kali) …(HR. At Tirmidzi)
  89. Sesungguhnya Allah mencintai keringanan-Nya dilaksanakan sebagaimana Dia mencintai keinginan (yang diperintahkan) -Nya dilaksanakan. (HR. Ibnu Hibban)
  90. Barangsiapa yang lupa bahwa ia sedang berpuasa, lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya. (HR. Muslim)
  91. Sebaik-baik makanan yang kamu makan adalah yang dari hasil usahamu dan anak-anakmu adalah termasuk hasil usahamu. (HR, At Tirmidzi)
  92. Abu Dzar berkata, … dan beliau (Nabi) memerintahkan kepadaku untuk menyambung tali silaturrahim, meskipun telah terputus jauh … (HR. Ahmad)
  93. Seorang muslim adalah saudara muslim yang lain, ia tidak boleh menzhaliminya, tidak membiarkannya (dalam keburukan). (HR. Al Bukhari)
  94. Orang yang berbangga diri dengan sesuatu yang tidak diberikan kepadanya, seperti pemakai dua pakaian yang palsu. (HR. Muttafaq ‘Alaih)
  95. Sesungguhnya sesudah wafatku, akan muncul para pemimpin yang mematikan sholat (sholat di luar waktu). Maka sholatlah kamu tetap pada waktunya. (HR. Muslim)
  96. Sebaik-baik jihad adalah menyampaikan kebenaran kepada penguasa yang zhalim. (HR. Abu Daud)
  97. Sesungguhnya besarnya pahala sepadan dengan besarnya cobaan. (HR. At Tirmidzi)
  98. Apabila seorang istri berinfak dengan harta hasil usaha suaminya, maka ia (suaminya) mendapatkan setengah pahala dari (infak istri) -nya. (HR. Bukhari)
  99. Barangsiapa bermuka dua di dunia, maka pada hari kiamat dia punya dua lidah dari api. (HR. Abu Daud)
  100. Barangsiapa yang membenci sunnahku (Muhammad), maka ia bukan dari (golongan) -ku. (HR. Al Bukhari)
  101. Apabila seseorang dari kalian melihat kepada yang diberikan kelebihan harta dan ketampanan, maka lihatlah dulu kepada yang ada di bawahnya. (HR. Al Bukhari)
  102. Seorang dari kalian selalu mengemis, sehingga dia menghadap Allah sedang di wajahnya tak ada sepotong dagingpun. (HR. Muslim)
  103. … Umar bin Khattab berkata, Kami dilarang dari perbuatan yang memaksakan diri. (HR. Al Bukhari)
  104. (Nabi) ditanya tentang puasa Arafah (9 Dzulhijjah), maka beliau menjawab: Menghapus dosa setahun yang lalu dan yang akan datang. (HR. Muslim)
  105. Puasa bukanlah (menahan diri) dari makan dan minum, akan tetapi puasa itu adalah menahan diri dari perbuatan sia-sia dan ucapan kotor. (HR. Ibnu Khuzaimah)
  106. Haji mabrur (itu) tidak ada balasannya kecuali surga. (HR. Ahmad)
  107. Janganlah seorang istri menceritakan sifat-sifat wanita lain di hadapan suaminya, sehingga seakan-akan ia (suaminya) melihat wanita tersebut. (HR. Al Bukhari)
  108. Barangsiapa merasa kaya (dari manusia, yakni hanya membutuhkan Allah), niscaya Allah yang akan memberikannya kekayaan. (HR. Al Bukhari)
  109. Penguluran dalam membayar hutang (yang dilakukan) oleh orang kaya (padahal ia mampu) adalah kezhaliman. (HR. Al Bukhari)
  110. Nabi mengutus seseorang mengabarkan manusia pada hari Asyura, bahwasanya barangsiapa yang belum makan, maka janganlah makan (Berpuasalah). (HR. Al Bukhari)
  111. Orang yang mati syahid diampuni seluruh dosanya kecuali hutang. (HR. Muslim)
  112. Sesungguhnya orang yang beriman itu diciptakan sebagai orang terfitnah (diuji) lagi bertaubat, pelupa dan bila diingatkan ia ingat. (HR. Ath Thabrani)
  113. Selisihilah orang-orang musyrik, biarkanlah jenggot dan cukurlah kumis. (HR. Al Bukhari)
  114. Allah melaknat wanita yang memotong bulu alis dan minta dipotong bulu alisnya. (HR. Muslim)
  115. Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu yang diketahuinya kemudian ia menyembunyikannya, maka ia akan dikekang pada hari kiamat dengan tali dari api. (HR. Abu Daud)

8 thoughts on “Kumpulan Hadits

  1. Kumpulan Hadits berhenti sejenak I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re wonderful! Thanks! your article about Kumpulan Hadits berhenti sejenak Best Regards Cassetta Rolf

    1. Wa’alaikumussalam wr.wb.
      Mbak/Bu Anis yang dirahmati Allah. Hadits ini menurut sebagian ulama terkait dengan kegemaran bangsa Arab terhadap syair-syair (puisi atau lagu). Di dalamnya terkandung larangan bagi kaum mukmin berlebihan menggemari syair hingga memalingkannya dari ilmu dan Al Qur-an. Satu penjelasan terkait hadits ini bisa dibaca di sini.
      Ada hadits yang mirip dengan hadits di atas bisa dilihat di web tersebut. Semoga pertanyaannya terjawab🙂

  2. Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh..

    Ana mau tanya ni, soal hadis..

    “Tinggalkanlah yg meragukanmu, karena kejujuran adalah ketentram.dan kebohongan adalah kebimbangan. (HR.Tarmidzi).

    apakah hadits ini shahih/dhoib dan perawinya siapa?
    Atas jawab’a, Jazaakallahu khairan…

    1. Wallahu a’lam.

      Hasil pencarian saya, hadits ini Hasan Shahih yang diriwayatkan At-Tirmidzi dengan teks singkat: “Tinggalkanlah apa yang meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu.” (Shahih Riwayat At-Tirmidzi no. 2518, dishahihkan oleh Ibnu Hibban no. 722)

      Silakan baca lengkapnya di rumahhadis.blogspot.com/2012/08/memilih-yang-diyakini-dan-meninggalkan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s