Pelantikan Walikota Depok 2011-2015

Saya dengar kabar tentang pelantikan walikota Depok, rencana dilakukan hari ini. Beritanya bisa dibaca di sini. Beberapa hari lalu, di televisi sempat ditayangkan berita tentang demonstrasi yang berujung rusuh terkait rencana pelantikan ini. Seorang oknum polisi sempat dikejar-kejar massa yang berdemo karena dianggap mengganggu dan arogan setelah meletuskan tembakan peringatan untuk menenangkan massa pendemo. Beritanya bisa dibaca di sini.

Sudah 102 hari sejak Pilkada Depok digelar, berita tentangnya memang tidak banyak beredar kecuali di media-media lokal Depok. Sebenarnya ada perjalanan panjang pilkada Depok ini sejak persiapan, pencalonan balon, penetapan balon, pelaksanaan pencoblosan, perhitungan kpud, hingga gugatan ke MK dan PTUN. Hasil akhirnya ada dua putusan, yang pertama dari MK dan yang kedua dari PTUN Bandung. Dua putusan berbeda tapi KPUD mengambil putusan MK sebagai hasil final. Silakan trace di situs KPUD Kota Depok.

Pilkada langsung sudah dua kali dilaksanakan di Depok: 2005 dan 2010. Yang pertama memang terkesan lebih ‘panas’ dibanding yang terakhir, tapi meski begitu masih kita temui adanya sekelompok orang yang mau di’paksa’ melakukan aksi kekerasan untuk menyampaikan aspirasinya. Sungguh disayangkan, padahal mereka hanyalah rakyat kecil, yang kalaupun calon pemimpinnya naik menjabat nanti, tidak akan mendapat porsi apa-apa kecuali yang sudah diterimakan saat melakukan aksi. Sudah sepantasnya bagi kita untuk menyudahi cara-cara semacam ini, sudah tidak jamannya lagi menggunakan aksi-aksi kekerasan toh pintu aspirasi dibuka seluas-luasnya, bahkan jalur hukum terbuka lebar untuk yang merasa tidak puas. Sebagai warga Depok, saya mengajak saudara-saudara semua untuk bersikap legowo, fair dan rasional dalam mengambil tindakan. Pihak-pihak yang menggunakan segala cara untuk mendapatkan jabatan hanya akan menyengsarakan rakyat, karena mereka tidak peduli dengan kesulitan rakyat cuma menginginkan dukungan semata. Beruntunglah kita yang terbebas dari pihak-pihak semacam ini.

Kota Depok adalah model kota modern, kita sebagai warganya perlu mendukung ini. Kota ini, warganya dan dinamika yang terjadi di dalamnya akan menjadi contoh bagi kota-kota lain. Mari kita menjadi pemimpin yang adil, menjadi rakyat yang pantang menyerah untuk kemakmuran, menjadi aparat pemerintahan yang kompeten dan amanah, menjadi pengusaha daerah yang tangguh dan berkarakter sosial. Setidaknya kita adalah model bagi anak-cucu kita kelak. Kota Depok yang kita bangun sekarang, adalah warisan berharga bagi para penerus generasi kita di masa depan.

Go Depok Go!

Referensi/gambar :

  1. pilkadadepok.co.cc
  2. eramuslim.com
  3. kpud-depokkota.go.id
  4. detiknews.com
  5. mediaindonesia.com

Satu gagasan untuk “Pelantikan Walikota Depok 2011-2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s